Pengertian Tentang White Balance


White Balance merupakan aspek fotografi yang tidak banyak di ketahui oleh pemilik kamera, tapi kita layak mempelajari white balance agar mampu menghasilkan gambar/foto yang nyata .

jadi bagi teman-teman yang sering sekali menghiraukan white balance ini, ijinkan saya untuk memperkenalkan tentang white balance. sayaakan menjelaskan ini sesederhana mungkin agar teman-teman bisa mengerti tentang apa yang saya jelaskan.

ini sederhana, alasan kita belajar white balance agar kita mendapatkan hasil foto yang seakurat mungkin.

mengapa teman-teman perlu mendapatkan hasil yang tepat dalam melakukan shoot ?

teman-teman tentu pernah melihat hasil foto setelah melakukan shoot kadang-kadang sedikit berwarna orange, kuning, biru dll. meskipun biasanya setelah kita lihat gambarnya seperti natural. Alasan ini karena setiap sumber cahaya memiliki warna yang berbeda atau kita sebut ini suhu cahaya, lampu neon memberikan warna sedikit kebiruan sedangkan untuk tungsten (pijar) menambahkan warna kekuningan pada foto.


pergeseran suhu cahaya yang berbeda dari yang paling dingin (biru) cahaya lampu neon ke suhu yang paling hangat (kuning) cahaya lilin


pada umumnya kita tidak melihat perbedaan ini karena matak kita dapat menyesuaikan otomatis untuk itu, namun kamera digital tidak mempunyai kecerdasan melakukan penyesuaian tersebut secara otomatis dan kadang-kadang akan membutuhkan kita untuk mengatur bagaimana melakukan penyesuaian cahaya yang berbeda.

Jadi ketika suhu cahaya dingin (biru) kita harus mengaturnya agar suhu cahaya hangat, begitu juga sebaliknya ketika suhu cahaya sangat hangat (kuning) kita harus mengaturnya menjadi dingin agar mendapatkan pencahayaan yang seimbang .

Mengatur White Balance

 Setiap kamera digital mempunyai cara yang berbeda dalam menyesuaikan white balance sehingga pada ahirnya kita harus mengaturnya secara manual kamera untuk dapat bekerja secara spesifik. Banyak kamera digital yang memiliki mode otomatis dan semi-otomatis untuk membantu dalam membuat penyesuaian.

Pengaturan White Balance

 Berikut adalah beberapa pengaturan White Balance dasar yang akan teman-teman temukan di kamera :

  • Auto - Mode ini adalah dimana kamera membuat perkiraan terbaik dalam menyesuaikan suhu cahaya, teman-teman mungkin sering menggunakan ini ketika mengalami pencahayaan yang sangat rumit.
  • Tungsten - Mode ini biasanya dilambangkan dengan bola kecil dan untuk pemotretan di dalam ruangan, terutama di bawah lampu (pijar) pencahayaan (seperti lampu bohlam). Hal ini biasanya mendingin warna dalam foto.
  • Fluorescence - ini mengkompensasi cahaya 'dingin' cahaya neon dan akan menghangatkan bidikan teman-teman.
  • Daylight/Sunny - Tidak semua kamera memiliki pengaturan ini karena menetapkan hal-hal sebagai pengaturan white balance yang cukup 'normal'.
  • Cloudy - Pengaturan ini umumnya menghangatkan segalanya sentuhan lebih dari modus siang hari.
  • Shade - Cahaya di bawah naungan umumnya lebih dingin (biru) dibandingkan memotret di bawah sinar matahari langsung sehingga mode ini akan sedikt menghangatkan suhu cahaya.

Cara Manual Mengatur White Balance

Dalam kebanyakan kasus, Teman-teman bisa mendapatkan hasil yang cukup akurat menggunakan mode white balance yang telah ditetapkan di atas - tetapi beberapa kamera digital memungkinkan untuk teman-teman untuk melakukan penyesuaian white balance dengan cara manual.

Cara yang di gunakan sedikit bervariasi, teman-teman harus menggunakan beberapa sumber cahaya yang ada untuk mendapatkan hasil foto yang diinginkan. Intinya ketika teman-teman mendapati foto ruangan yang menggunakan neon (dingin) teman-teman harus menambahkan cahaya dari lampu neon untuk medapatkan penyesuaian suhu.

Berikut ini adalah 2 hasil foto dengan White Balance yang berbeda.

Foto pertama adalah salah satu dari beberapa buku di rak buku diambil dalam mode Auto White Balance. Lampu di ruangan adalah tiga bola lampu standar dan sebagai hasilnya gambar yang cukup hangat atau kuning.


Setalah melihat foto pertama, dalam foto kedua ini di tambahkan sedikit cahaya neon (suhu dingin) dan mendapatkan hasil sebagai berikut .


Foto kedua terlihat tampak lebih nyata, mengatur WB secara manual ini tidak terlalu sulit untuk di lakukan. Teman-teman harus langsung mencobanya setelah membaca artikel ini.


Terima Kasih......

Tolong Sebarkan Jika Postingan Ini Bermanfaat

5 Ilmu Fotografi: Pengertian Tentang White Balance
< >