Lighting fotografi (Teknik Pencahayaan)


Cahaya yang baik merupakan syarat untuk menghasilkan foto yang bagus, semua settingan yang kita atur baik itu ISO,Shutter Speed,Aperture seakan-akan di lakukan hanya untuk mendapatkan pencahayaan yang baik .Lighting merupakan suatu elemen terpenting dalam fotografi, foto yang di hasilkan akan terlihat istimewa jika kita menempatkan sumber cahaya yang pas .
berbicara masalah tentang pencahayaan (Lighting) semua ini tergantung kita sendiri, karna cahaya yang bagus itu cahaya yg sesuai dengan komposisi dan selera anda dengan foto yang ingin anda ambil .
hal yang mesti di perhatikan dari cahaya :
1- Intensitas Cahaya adalah Kekuatan Cahaya .
Lakukan pengambilan foto dengan ukuran cahaya yang seimbang sehingga dapat menghasilkan foto yang terlihat natural, jangan terlalu kuat dan jangan terlalu lemah .
Jika memang lokasi pengambilan foto anda bercahaya tinggi, sebaiknya atur settingan Segitiga Eksposur .
2- Arah Datang Cahaya
Arah datang Cahaya sangat berpengaruh pada komposisi foto,shadow dan highlight.
*Cahaya Depan adalah Cahaya yang sangat bagus untuk mengoptimalisasi kan foto, cahaya yang merata akan membuat foto tampak lebih bagus .
*Cahaya Samping adalah Cahaya yang membuat perubahan pada shadow(bayangan) dan dapat menghasilkan foto yang artistik .
*Cahaya Belakang adalah Cahaya yang biasa di gunakan dalam pengambilan foto siluet, hindari arah cahaya ini bila memang anda tidak menginginkan foto siluet .
3- Spektrum
Merupakan cahaya yang mengandung beberapa warna, Jadi sebetulnya sumber cahaya itu memiliki warna yang berbeda. Contohnya seperti lampu neon, kita mengetahui bahwa lampu neon itu berwarna putih tapi tidak untuk kamera . Lampu neon itu berwarna biru bagi kamera .


sekian postingan yang dapat saya berikan .
untuk selebihnya mungkin anda dapet mencari materi di situs lain .
semoga membantu
...salam jepret...

Tolong Sebarkan Jika Postingan Ini Bermanfaat

5 Ilmu Fotografi: Lighting fotografi (Teknik Pencahayaan)
< >