Pengertian Histogram



Apa itu Histogram ?

Histogram adalah topik yang akan kita bahas kali ini, akan banyak memakan waktu jika saya menjelaskannya secara detail, maka untuk itu ijinkan saya untuk membahas secaa singkat "Apa itu Histogram ?"

Histogram adalah alat yang sangat berguna bagi beberapa pengguna, histogram membantu memberikan ringkasan jangkauan warna yang hadir dalam setiap gambar atau foto.

histogram ini berbentuk grafik dalam foto anda dari hitam (sebelah kiri) menjadi putih (sebelah kanan)

Semakin tinggi grafik pada suatu titik tertentu itu menunjukan nada warna dominan dalam foto atau gambar.

Jadi jika grafik histogram tinggi di sebelah kiri, ini menunjukan foto atau gambar gelap. Dan jika grafik histogram tinggi sebelah kanan itu menunjukan foto atau gambar mempunyai banyak nada warna.

Keindahan Histogram adalah ukurannya yang kecil dalam layar kamera tidak benar-benar cukup untuk mereiview hasil foto teman-teman. Teman-teman bisa melakukannya di rumah, histogram dapat membantu teman-teman agar menyesuaikan posisi dalam mengambil gambar.

Beberapa contoh Histogram

Mari kita lihat beberapa hasil foto di bawah,

bandingkan dua foto dan histogram yang saling berhubungan.
















Tembakan di atas memiliki banyak nada cahaya - bahkan ada bagian dari tembakan yang cukup parah. Sebagai hasil di sisi kanan histogram Anda dapat melihat tingginya grafik . Meskipun sedikit lebih tengah - semuanya benar miring dan dengan nilai-nilai ekstrim pada sisi kanan menunjukkan over shooting.
















Hasil foto yang kedua ini memiliki banyak warna gelap, hal ini bisa di pengaruhi karena baju memang berwarna hitam dan juga karena ruangan yang kurang cahaya. Histogram yang di hasilkan cukup berbeda dengan hasil foto pertama - grafik foto kedua lebih tinggi di kiri .

Apakah Histogram dapat memberikan foto yang sangat baik ?

Seperti sebagian besar aspek fotografi , kecantikan ada di mata yang melihatnya dan selalu ada banyak ruang untuk selera pribadi dan cara yang berbeda untuk mengekspresikan diri Anda sebagai seorang fotografer .

Tidak ada hal sempurna dalam histogram - mata pelajaran yang berbeda dan gaya fotografi akan menghasilkan hasil yang berbeda . Misalnya mengambil tembakan siluet mungkin menghasilkan histogram dengan puncak di kedua ujung grafik dan tidak ada banyak nada di tengah grafik .

Setelah menjelaskan ini - dalam kebanyakan kasus, Teman-teman mungkin ingin hasil fotonya cukup seimbang dalam grafik histogram . Hasil foto paling baik cenderung puncak di tengah dan lancip ke arah samping.

Menggunakan Histogram saat melakukan Shot

Jadi sekarang teman-teman tahu apa itu histogram - Setelah anda melakukan shoot coba cek histogram dari hasil foto teman-teman jika memang di aggap kurang bagus teman-teman bisa mengulang shoot untuk mendapatkan foto yang baik.

Histogram hanya alat untuk memberikan informasi lebih lanjut tentang gambar dan membantu teman-teman mendapatkan nada warna efek yang diinginkan . Setelah mengatur kamera, histogram akan memberitahu bagaimana nada cahaya dari hasil foto teman-teman . Belajar menggunakan histogram dapat membantu untuk mengetahui apakah teman-teman melakukan shoot dengan apa yang di harapkan.

Contoh lain sebuah Histogram

Mari kita menyelesaikan penjelasan ini dengan melihat salah satu contoh terakhir dari histogram :















Teman-teman bisa melihat hasil foto ini, grafik histogram sangat merata dan ini memberikan nada warna yang cukup bagus. Tapi ini masih belum sempurna, mungkin teman-teman bisa lebih menghasilkan foto yang lebih bagus dari foto di atas.

Terima Kasih...

Tolong Sebarkan Jika Postingan Ini Bermanfaat

5 Ilmu Fotografi: Pengertian Histogram Apa itu Histogram ? Histogram adalah topik yang akan kita bahas kali ini, akan banyak memakan waktu jika saya menjelaskannya secara de...
< >